Tuesday, October 23, 2018

JENIS TEKS DAN PENGERTIANNYA

PENGERTIAN TEKS TANGGAPAN KRITIS

          Teks Tanggapan Kritis adalah teks yang berisi kritik tajam terhadap suatu hal yang mengenai kesalahan. Biasanya terjadi jika ada debat , orang B memberi kritik kepada orang A karena apa yang disampaikannya kurang pas. Bisa disebut juga dengan menganalisa suatu pendapat. Kita harus menerima semua tanggapan yang diberikan oleh orang atau teman kita saat kita memberikan pendapat. Karena setiap tanggapan yang mereka berikan pasti ada alasan dan bisa membuat kita menjadi lebih baik.

Ciri-ciri Teks Tanggapan Kritis
Berikut ciri teks tanggapan kritis.
1.   Teks ini memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar dengan disertai fakta dan alasan. 
2.   Mempunyai  3 Struktur teks yaitu : Evaluasi , Deskripsi Teks , dan Penegasan Ulang.
3.   Mengandung kaidah kebahasaan atau ciri kebahasaan yang dimiliki teks tanggapan kritis.

Struktur Teks Tanggapan Kritits
1.   Evaluasi, merupakan bagian pertama dalam Teks Tanggapan Kritis. Bagian Evaluasi berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks. 
2.   Deskripsi Teks, merupakan bagian kedua atau lebih jelasnya adalah bagian isi dalam Teks Tanggapan Kritis. Bagian Deskripsi Teks ini memuat informasi tentang data-data dan pendapat pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan. 
3.   Penegasan Ulang, merupakan bagian ketiga teks atau lebih jelasnya adalah bagian terakhir teks yang berisi penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis
1.   Kalimat kompleks, kalimat yang memiliki lebih dari dua struktur dan dua verba.
2.   Konjungsi, kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan juga setiap struktur.
3.   Kata Rujukan, sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk menyokong atau memperkuat pernyataan dengan tegas. Dikenal juga dengan sebutan referensi.
4.   Pilihan Kata, pemilihan kata yang sesuai dalam penggunaan dan pembuatan teks tanggapan kritis.



Contoh Teks Tanggapan Kritis
            KEBAKARAN HUTAN DAN KEBUN SAWIT
Evaluasi :
           Kebun kelapa sawit memang menguntungkan untuk pemasukan devisa negara di bidang ekspor minyak kelapa sawit. Namun apakah sebanding dengan efek yang diberikan terhadap penduduk Indonesia dan Lingkungan?. Perlu kebijakan khusus agar tercipta suatu hubungan simbiosis mutualisme diantara keduanya.

Deskripsi Teks:
          Kebakaran hutan sudah menjadi fenomena yang tidak dapat dihindarkan setiap musim kemarau datang setiap tahunnya terutama di pulau Sumatera dan Kalimantan. Bahkan fenomena ini merujung pada bencana kabut asap yang tidak hanya melanda beberapa kota besar di Sumatera dan Kalimantan namun juga hingga ke negara-tetangga. selain efek pencemaran lingkungan dan kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan sudah tidak terhitung. Disisi lain perluasan perkebunan kelapa sawit yang mendatangkan devisa bagi negara juga cukup penting, selain itu juga bisa membuka lapangan pekkerjaan bagi masyarakat sekitar perkebunan.
            Namun keduanya ternyata tidak dapat berjalan berkesinambungan dan menciptakan yang saling menguntungkan, karena dari penyelidikan terhadap salah satu faktor kebakaran hutan adalah pembakaran secara langsung oleh pemilik perusahaan sawit untuk pembukaan lahan baru.
            Disini peran pemerintah pun kemudian dipertanyakan oleh berbagai pihak hingga dunia Internasional, bagaimana pemerintah membuat kebijakan terhadap usaha-usaha perkebunan sawit dan juga terhadap eksplorasi hutan di Indonesia.

Penegasan Ulang:
             Perlunya peran pemerintah untuk membuat kebijakan yang memberikan keuntungan bagi kedua pihak namun tidak juga menyebaban kerugian bagi penduduk Indonesia dan alam. Sikap dan kebijakan pemerintah yang tegas terhadap pelaku kejahatan dan kerusakan hutan serta pembuatan aturan dan ranah kerja yang jelas untuk para pengusaha perkebunan sawit sehingga kedua hal tersebut dapat berjalan berkesinambungan dan seimbang.

PENGERTIAN TEKS CERPEN

Pengertian Cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa, yang mengisahkan sepenggal kehidupan tokoh yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan dan menyenangkan, serta mengandung pesan yang tidak mudah dilupakan.
Sedangkan Pengertian Cerpen Menurut Ahli, Jakob Sumardjo (2004: 10) : Cerita pendek adalah cerita atau narasi (bukan analisa argumentatif) yang fiktif (tidak benar- benar terjadi tapi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja) serta relatif pendek. Dan cerita fiktif yang pendek berdasarkan realitas tersebut hanya mengandung satu kejadian untuk satu efek bagi pembaca.

Ciri atau kaidah kebahasaan cerpen

Cerpen juga karakteristiknya dapat dikenal dari bahasa yang digunakan di dalamnya, ciri bahasa dari cerpen adalah sebagai berikut:


1.                  Memuat kata sifat yang mendeskripsikan pelaku seperti penampilan fisik juga kepribadian tokoh yang diceritakan dalam cerpen, seperti misalnya sosoknya tinggi atau perawakannya gagah, rambutnya beruban dan sifat tokoh lainnya.
2.                  Memuat kata keterangan untuk mendeskripsikan latar waktu tempat dan suasana, sebagai contoh misalnya: di pagi hari yang cerah, di kebun bambu yang rimbun dengan dedaunan dan lain sebagainya.
3.                  Menggunakan kalimat langsung dan juga tidak langsung untuk penulisan dalam percakapan di dalam cerpen
4.                  Bisa menggunakan gaya bahasa yang bersifat konotasi seperti misalnya : pucuk langit, memanggang bus, bajing loncat dan mulut terminal.
5.                  Bahasa yang digunakan  tidak baku dan tidak formal.
6.                  Bisa menggunakan gaya bahasa Perbandingan, pertentangan, pertautan maupun perulangan.


Struktur isi dari Cerpen

Untuk lebih memahami isi sebuah cerpen maka kita perlu mengetahui struktur isi yang biasa dilibatkan dalam sebuah cerpen, sebagai berikut:
1.                  ABSTRAK: ringkasan/inti cerita, dalam cerpen abstrak ini sifatnya opsional boleh di libatkan atau tidak, tidak jadi masalah
2.                  ORIENTASI: pengenalan latar cerita atau bagian pendahuluan dalam sebuah cerita, baik pengenalan sifat tokoh tempat terjadinya peristiwa dalam cerita, maupun pengenalan suasana dalam cerita.
3.                  KOMPLIKASI: bagian yang memuat masalah konflik dalam cerita,  masalah mulai timbul karena sebab-akibat rangkaian peristiwa, kemudian sampai pada klimaks
4.                  EVALUASI: penurunan masalah yaitu struktur konflik yang terjadi yang mengarah pada klimaks mulai mendapatkan penyelesaian dari konflik tersebut.
5.                  RESOLUSI: penyelesaian masalah yaitu struktur teks yang mengungkapkan solusi yang dialami tokoh atau pelaku.
6.                  KODA: pelajaran yang bisa dipetik dari cerita oleh si pembaca, koda ini sifatnya opsional boleh dilibatkan atau pun tidak

Contoh cerpen

Contoh dari cerpen tidak akan disajikan disini berhubung akan membuat artikel terlalu panjang, untuk mendapatkan contoh-contoh cerpen baik cerpen dengan jumlah kata panjang maupun cerpen-cerpen dengan struktur yang singkat, bisa didapatkan dengan melakukan pencarian di internet, ada banyak sekali situs-situs yang menyajikan cerpen-cerpen menarik yang bisa dianalisa.
Baik Luar Dalam
“Ra, ada Sinta tu di depan nyariin kamu, ditemuin gih. Dah nungguin dari tadi.” Sahut Tina pada Rara yang sedang mengerjakan tugas sekolah di rumah Rara.
“Bi, bilang aja aku gak ada, lagi diluar atau di mana gitu.” Pinta Rara pada Bi Inah yang bekerja di rumahnya.
“Iya, Non.”
“Kenapa kamu kaya gitu sama Sinta? Dia sudah datang jauh-jauh tapi malah kamu usir. Dia anak baik lho, Ra.”
“Iya dari luarnya memang baik, manis, ramah. Tapi apa hanya itu saja kamu mengukur sifat seseorang? Dari luar memang manis. Tapi dalamnya pahit.”
“Pahit gimana?”
“Dia sering ngomongin keburukan temannya sendiri di belakang. Banyak pokoknya Tin, yang tidak bisa aku jelaskan.”
“Lihatlah kamu ini. Judes, ceplas-ceplos sama aku. Tapi setidaknya hatimu tulus, Tin, bukan baik di luar tapi dalamnya busuk. Aku gak butuh tampilan luar orang dalam berteman.” Jelas Rara.














PENGERTIAN TEKS EKSPOSISI
Pengertian teks eksposisi adalah teks yang berisi paragraf atau karangan yang didalamnya terkandung sejumlah Pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat dan tentunya mudah untuk dipahami. Paragraf atau teks eksposisi bersifat real, nyata dan Ilmiah atau dapat dikatakan sebagai teks non fiksi.
Ciri-Ciri Teks Eksposisi
Sama seperti teks pada umumnya, teks eksposisi memiliki beberapa ciri-ciri umum teks eksposisi. Ciri-cici ini digunakan untuk membedakan dan menentukan apakah sebuah teks tergolong dalam teks eksposisi atau bukan. Ciri-ciri teks eksposisi adalah sebagai berikut:
·                     Menjelaskan informasi atau pengetahuan tentang suatu hal
·                     Gaya informasi yang bersifat mengajak 
·                     Penyampaian menggunakan bahasa baku dan disampaikan secara lugas 
·                     Bersifat netral atau tidak memihak 
·                     Fakta dipakai sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi 
Struktur Teks Eksposisi
Struktur teks eksposisi umumnya terdiri dari 4 bagian utama yakni pembukaan, isi, argumentasi, dan penegasan ulang. Adapun penjelasan tentang susunan teks eksposisi adalah sebagai berikut ini:
·                     Pembukaan : Struktur teks eksposisi yang pertama merupakan pembukaan atau sering disebut dengan orientasi. Pada bagian ini kita akan melihat pandangan awal yang ditulis oleh penulis tentang sebuah permasalahan dengan rangkaian yang sangat relevan.
·                     Isi (Thesis) : Thesis merupakan isi dari teks eksposisi yang berisi tentang kumpulan pendapat orang lain yang dianggap lebih ahli terkait permasalahan dan pokok bahasan yang tengah dibahas. Untuk mengidentifikasi struktur teks eksposisi yang satu ini sangat mudah, kita dapat mengidentifikasi thesis dengan memperhatikan pemilihan katanya. seperti contoh "berdasarkan penuturan" dan lain sebagainya.
·                     Argumentasi : Argumentasi adalah struktur teks eksposisi yang memuat tentang bukti bukti relevan yang mendukung thesis atau isi dari teks eksposisi ini. Umumnya argumentasi akan mengandung fakta fakta relevan yang berkaitan dengan pokok bahasan seperti tanggal, latar, narasumber, dan penggunaan angka angka yang umumnya bersifat konkrit.
·                     Penegasan ulang: Penegasan ulang memuat kesimpulan yang meliputi pembukaan, thesis hingga argumentasi yang disampaikan penulis yang tentunya disampaikan dengan bahasa yang berbeda dan lebih singkat.

Contoh teks eksposisi : Hindari Cagub Pelaku Korupsi

Tesis :

Setiap wilayah yang sedang melakukan pemilihan umun dalam memilih calon gubernur, maka harus dilaksanakan secara tegas, ketat serta jujur. Calon gubernur yang baik harus memiliki kriteria agar tidak melakukan penyimpangan kekuasaan serta menjauhkan wilayah tersebut terhadap masalah yang cukup besar. Contohnya cagub tidak pernah terlibat dalam masalah pelanggaran HAM maupun korupsi. Apabila salah satu cagub terlibat masalah tersebut maka cagub dianggap gugur. Hal tersebut dilakukan agar dapat menjadi calon gubernur yang memiliki jiwa integritas serta tidak dapat menimbulkan masalah yang terkait. Setiap partai yang mecalonkan pilihannya sebagai cagub selalu mempunyai prosedur tes kelayakan atau kecocokan. Namun setiap partai tidak memiliki kriteria yang sama. Walaupun demikian terdapat prinsip umum dalam menyeleksi setiap cagub.









PENGERTIAN TEKS BIOGRAFI

Pengertian Biorgrafi
  
Biografi adalah adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Di dalam biografi, disajikan sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses orang yang sedang diulas. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Riwayat hidup yang ditulis oleh diri sendiri disebut dengan otobiografi. 

Umumnya, biografi menampilkan tokoh-tokoh terkenal, orang sukses, atau orang yang telah berperan besar dalam suatu hal yang menyangkut kehidupan orang banyak. Membaca sebuah biografi akan memperkaya wawasan dan sebagai teladan agar dapat menjalani kehidupan dengan baik dan mengisi hidup dengan dengan karya yang bermanfaat, tentunya hal itu tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain. 

Struktur Teks Biografi 

Teks biografi termasuk ke dalam teks narasi. Oleh karena itu, struktur teks biografi juga sama dengan teks cerita ulang lainnya seperti cerpen dan hikayat yaitu orientasi, kejadian penting, dan reorientasi. 
1. Orientasi atau setting (aim), berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar/pembaca. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan bagaimana. 
2. Kejdian penting (important event, record of event), berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh. Dalam bagian ini mungkin pula disertakan komentar-komentar pencerita pada beberapa bagiannya. 
3. Reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Bagian ini bersifat opsional, yang mungkin ada atau tidak ada di dalam teks biografi.
Kaidah Kebahasaan Teks Biografi 
Teks biografi menggunakan beberapa kaidah kebahasaan yang dominan. Kaidah-kaidah tersebut adalah sebagai berikut. 
1. Menggunakan pronomina (kata ganti) orang ketiga tunggal ia atau dia ataubeliau. Kata ganti ini digunakan secara bervariasi dengan penyebutan nama tokoh atau panggilan tokoh. 

Contoh: George Saa, putra Papua sangat menyukai pelajaran fisika. Ia berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Berkat ketekunannya, Si Genius dari Papua ini mendapatkan beasiswa hingga ke luar negeri. Meski kini telah sukses, Oge, begitu biasanya dia dipanggil, tetap menjadi pribadi yang ramah dan tidak sombong. 

2. Banyak menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh.
Contoh: belajar, membaca, berjalan, melempar. 
3. Banyak menggunakan kata adjektiva untuk memberikan informasi secara rinci tentang sifat-sifat tokoh.
Contoh: kata sifat untuk mendeskripsikan watak tokoh antara lain genius, rajin, ulet. Dalam melakukan deskripsi, seringkali penggunaan kata sifat didahului oleh kopulatif adalah, merupakan. 

4. Banyak menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh sebgaai subjek yang diceritakan.
Contoh: diberi, ditugaskan, dipilih. 

5. Banyak menggunakan kata kerja yang berhubungan dengan aktivitas mental dalam rangka penggambaran peran tokoh.
Contoh: memahami, menyetujui, menginspirasi, mencintai. 
6. Banyak menggunakan kata sambung, kata depan, ataupun nomina yang berkenaan dengan urutan waktu.
Contoh: sebelum, sudah, pada saat, kemudian, selanjutnya, sampai, hingga, pada tanggal, nantinya, selama, saat itu. 

PENGERTIAN TEKS ULASAN


Teks Ulasan adalah teks yang berisi ulasan/penilaian/review terhadap suatu karya (film atau drama). Disaat mengulas sebuah film dan drama kita harus bersikap kritis agar berkontribusi untuk kemajuan drama dan film ke depannya.

Ciri-ciri Teks Ulasan

Yang membedakan teks ulasan dengan teks cerita sejarah maupun teks lain adalah di dalamnya mempunyai ciri-ciri:
  1. Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi, dan Rangkuman.
  2. Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu karya atau produk .
  3. Opininya berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan.
  4. Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

Ada 4 hal yang menyusun sebuah teks ulasan sehingga teks tersebut menjadi utuh. Berikut ini struktur teks ulasan:
1. Orientasi
Berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya (drama dan film) yang akan di review atau ulas. Sehingga membuat pembaca mengetahui mengenai apa yang akan di-ulas.
2. Tafsiran
Berisi gambaran detail mengenai sebuah karya (film dan drama) yang di-ulas, contohnya: kualitas,keunikan, keunggulan, bagian karya, dan lainnya.
3. Evaluasi
Berisi pandangan dari pengulas terhadap hasil karya yang di-ulas. Dilakukan setelah melakukan tafsiran, sehingga pengulas bisa memberi bagian yang mempunyai nilai dan bagian yang kurang.
4. Rangkuman
Berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya (drama dan film). Pengulas biasanya memberikan komentar apakah film atau drama yang baru saja di-ulas berkualitas atau tidak.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Berikut ini kaidah kebahasaan yang terkandung dalam teks ulasan:
  1. Teks ulasan drama/film berisi penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni yang hendak di-ulas.
  2. Menggunakan kata-kata opini atau persuasif
  3. Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal
  4. Menggunakan ungkapan perbandingan (persamaan/perbedaan)
  5. Menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional

Contoh Teks Ulasan

Kita kupas contoh teks ulasan singkat mengenai novel yang berjudul HUJAN karya Tere Liye beserta strukturnya.
Orientasi
Hujan merupakan novel karya Tere Liye yang bercerita mengenai keinginan seorang tokoh utama yaitu Lail yang berniat menghapus memori mengenai seseorang. Lail kemudian meminta bantuan Elijah. Lail memikirkan alasan kenapa dirinya harus menghapus memori itu, dan dia pun menceritakan kepada Elijah.

Tafsiran
Laik (gadis 13 tahun) menjadi yatim piatu karena bencana alam gempa bumi dari gunung purba sehingga menyebabkan tsunami di belahan bumi lain. Disaat bencana tersebut, dia jadi bertemu dengan sosok lelaki bernama Esok yang menarik tas punggungnya sehingga dia tidak jadi tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah.
Keduanya kemudian terjebak dalam kisah cinta selama pengungsian. Dimana keduanya selalu bersama, uniknya keduanya mempunyai cara yang “santun” dalam menjaga hati sehingga percintaan mereka terlihat tidak biasa.
Maryam, sahabat setia Lail, mereka bertemu setelah masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Hubungan kedua sahabat ini sangat akrab, Maryam mengetahui bahwa hubungan Esok dan Lail lebih dari sekedar cinta biasa. Karakter Lail yang introvert, membuatnya tidak marah ketika Maryam menggoda hubungan keduanya.
Diceritakan bahwa bencana alam yang terjadi itu hanyalah permulaan. Kemudian setelah itu terjadi musim dingin yang berkepanjangan. Daerah sub-tropis pun bisa turun salju dan hal itu membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik dengan upaya mengembalikan iklim keadaan semula. Namun, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.
Evaluasi
Novel hujan ini ditampilkan dengan bahasa yang bisa “menyihir” para pembaca sehingga memaksa pembaca merasakan rasa “tegar”ketika ditimpa beberapa masalah, melangkah maju ketika ada masalah berat, dan merasakan jatuh cinta.
Rindu bertemu pasangan dan berjumpa kembali setelah sekian lama tidak berjumpa serta cemburu. Seseorang yang sedang remaja atau sudah melewati masa itu mungkin akan tersenyum mengetahui tingkah Lail. Imajinasi akan dibuat terbang oleh novel ini.

PENGERTIAN TEKS TANTANGAN


Teks Tantangan adalah teks yang mengandung informasi bantahan terhadap hal yang sedang kontroversial atau menjadi perdebatan di masyarakat yang dilengkapi dengan data-data dan argumen yang bisa memperkuat bantahan tersebut.

Ciri-Ciri Teks Tantangan

Adapun ciri-ciri yang membedakan teks ini dengan teks eksemplum maupun teks lain, ciri-ciri nya adalah:
  • Struktur terdiri dari: Pengantar (Isu), Argumen (menentang), dan Simpulan atau Saran.
  • Mengandung informasi yang memuat bantahan terhadap hal yang menjadi perdebatan di masyarakat disertai dengan data-data dan argumen untuk memperkuat bantahan.
  • Ciri-ciri kebahasaan: Kalimat kompleks, kata hubung, kata rujukan, pilihan kata.

Struktur Teks Tantangan

Terdapat 3 struktur yang membangun teks tantangan sehingga menjadi utuh, inilah 3 struktur yang menyusun teks ini:
  1. Pengantar (Isu): bagian yang mengandung topik yang akan dibantah.
  2. Argumen: bagian yang mengandung rangkaian alasan atau bukti dengan tujuan mendukung bantahan.
  3. Simpulan: mengandung pernyataan yang menegaskan bantahan.

Contoh Teks Tantangan dan Strukturnya

Berikut ini contoh teks tantangan dengan struktur yang telah dibagi tentang narkoba singkat.
Pengantar (Isu)
Narkoba merupakan suatu bahan aktif yang tersusun dari beberapa rangkaian dan campuran bahan. Campuran bahan yang ada dalam narkoba masuk dalam golongan bahan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif.

Argumen
Banyak yang berkata bahwa narkoba adalah obat yang terlarang dan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tapi sebenarnya tak selamanya seperti itu.Narkoba merupakan suatu obat yang tak jarang digunakan dalam ilmu medis Kebutuhan narkoba juga sangat banyak bagi para penderita penyakit.
Namun, narkoba yang diberikan dokter kepada pasien nya tentulah sesuai dengan ilmu medis yang berbasis kesehatan. Jadi tidak terlalu mempunyai efek samping.
Apabila Anda menemui berbagai pengguna narkoba di jalanan lalu Anda melihat pengguna itu gila, berarti itu karena penyalahgunaan obat nya.
Simpulan
Narkoba yang seharusnya digunakan sebagai penyembuh penyakit yang harus digunakan dengan hati-hati, malahan disalahgunakan. Itulah yang mendapatkan citra buruk pada masyarakat.
Kesimpulan yang bisa kita dapat dari pembahasan diatas bahwa teks tantangan adalah teks bantahan terhadap suatu hal yang masih hangat di masyarakat. Kemudian dalam penulisannya harus memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan nya.








TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

 

Teks laporan hasil observasi, halo sahabat pada kesempatan kali ini teropong pelajar akan membahas mengenai teks laporan hasil observasi yang tentunya merupakan materi SMA kelas X dan admin kebetulan sudah mempelajari materi ini dan ingin mengulas kembali materi yang sudah admin pelajari mulai dari pengertian, ciri, struktur, kaidah, ciri bahasa, lengkap beserta dengan contohnya sehingga mudah untuk sahabat pahami. Baiklah langsung saja kita go... Sebelum mempelajari lebih dalam, hal pertama yang harus kita tau adalah pengertian dari teks laporan hasil observasi (LHO) itu sendiri. Ada banyak sekali pengertian dari teks LHO ini, namun pada intinya sama saja hanya kalimat saja yang berbeda.
1.                       Pengertian
Teks Laporan hasil observasi adalah teks laporan yang memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya menjelaskan informasi mengenai makhluk hidup, hewan, tumbuhan, gejala alam, fenomena alam, hasil karya dan lain sebagainya yang dibuat berdasarkan fakta/kenyataan dengan klasifikasi kelas dan subkelas berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan.
2. Ciri-ciri

ciri-ciri merupakan suatu bentuk identitas terhadap teks laporan hasil observasi supaya kita dapat membedakan teks LHO dengan teks lainnya. Adapun ciri umum teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut.


  • Bersifat objektif dan tidak memihak
  • harus ditulis berdasarkan fakta yang terjadi pada saat pengamatan
  • Tidak mengandung hal-hal yang bersifat menyimpang, dugaan-dugaan yang tidak tepat atau pemihakan terhadap sesuatu
  • Ditulis secara lengkap dan sempurna
  • sifatnya universal dan global
3. Struktur

Struktur merupakan bagian-bagian pembangun dari teks laporan hasil observasi sehingga menjadi satu kesatuan teks yang utuh. Adapun struktur dari teks LHO adalah sebagai berikut.


  • Definisi umum: Pembuka berisi pengertian akan sesuatu yang akan dibahas
  • Definisi bagian: Berisi ide pokok dari setiap paragraf/penjelasan rinci
  • Definisi manfaat: Manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
  • Penutup: Bagian rincian akhir
·         Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
·          
·         Gamelan jawa
·          
·         Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Ini dikarenakan di kota inilah Anda dapat menikmati versi aslinya.
 
·         Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa. Gamelan Jawa adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yangrancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling.
 

·         Perbedaan itu wajar, karena Jawa memiliki pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya.
 
·         Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing daerah memiliki pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya. Dengan mempelajarinya, kita akan semakin mencintai keberagaman budaya bangsa kita yang sangat kita cintai ini. Itulah mengapa kita harus cinta kepada budaya yang ada di daerah kita masing-masing.




1 comment:

  1. As claimed by Stanford Medical, It's in fact the SINGLE reason this country's women get to live 10 years more and weigh 19 KG lighter than us.

    (And actually, it really has NOTHING to do with genetics or some secret exercise and EVERYTHING to do with "how" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", not "what"...

    CLICK on this link to see if this easy quiz can help you discover your real weight loss potential

    ReplyDelete

35 Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasannya

Alat Musik Tradisional Pukul di Indonesia 1. Aramba Aramba merupak...